[HOT] INFO PROGRAM HIBAH BINA DESA (PHBD) 2018

[HOT] INFO PROGRAM HIBAH BINA DESA (PHBD) 2018

PHBD adalah salah satu program softskill rutin dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti. PHBD adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Mahasiswa pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif , mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Misi PHBD:

  1. membentuk mahasiswa yang berkarakter positif, empatik, peduli, ulet dan kreatif, bertanggung jawab dan mampu bekerjasama untuk memberdayakan masyarakat
  2. menemukan atau mengembangkan potensi desa untuk pemberdayaan masyarakat
  3. membangun kerjasama yang baik antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan.

Tujuan PHBD:

Terbukanya kesempatan mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan,
melalui program pengabdian kepada masyarakat yaitu:

  1. membantu mengatasi permasalahan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan yang dihadapi masyarakat desa melalui upaya peningkatan kesadaran/sikap, wawasan/pengetahuan dan keterampilan;
  2. menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat melalui inovasi teknologi yang dilaksanakan dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner dan kolaboratif;
  3. membangun kemitraan dengan stakeholder terkait dalam mewujudkan program;
  4. menjadikan lokasi PHBD sebagai desa binaan kampus.

Lingkup dan Tema PHBD

Lingkup bidang PHBD meliputi pendidikan, pertanian, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Kegiatan yang diusulkan harus bersifat strategis dan berkelanjutan berdasarkan potensi dan identifikasi masalah masyarakat serta memiliki roadmap yang jelas yang menggambarkan partisipasi masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dunia usaha/industri.

Tema Program Hibah Bina Desa antara lain:

  1. Pengentasan kemiskinan
  2. Kesehatan
  3. Pendidikan
  4. Ketahanan dan keamanan pangan
  5. Energi baru dan terbarukan
  6. Lingkungan dan keanekaragaman hayati
  7. Mitigasi bencana
  8. Budaya dan Seni/industri kreatif/pariwisata

Pendaftaran dan pengunggahan dokumen dibuka mulai tanggal 19 Februari-19 Maret 2018. Teknis Submit proposal akan dibantu oleh Tim Kemahasiswa FIT, karena Anda harus langsung Submit proposal secara online ke DIKTI.

Wajib bagi ORMAWA FIT?

Anda diminta untuk mencoba berkompetisi pada perlombaan HIBAH ini melalui penyaluran ide dalam bentuk pra-proposal. Kategori yang akan Anda pilih dapat didiskusikan lebih lanjut dengan dosen Pembimbing Prodi masing-masing. Target dari PHBD adalah Anda bisa membuat pra-proposal kegiatan pemberdayaan masyarakat dan submit ke server DIKTI untuk direview secara nasional. Namun jika Anda berhasil lolos tahapan seleksi pra-proposal tingkat nasional ini, maka Anda akan mendapatkan biaya sesuai dengan jumlah yang diajukan di pra-proposal untuk lanjut ke tahapan pelaksanaan kegiatan.

Agenda dari Kemahasiswaan FIT:

  • Kick Off Proposal HIBAH PHBD 2018 : 01 Maret 2018
  • Workshop Tema & Proposal : 08 Maret 2018
  • Workshop Finishing Proposal : 15-16 Maret 2018

Informasi dan Proposal PHBD

Berikut ini Panduan PHBD dan Surat Edaran PHBD

Persyaratan Umum dan Administrasi

Pengusul PHBD adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma berbagai disiplin yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun lembaga eksekutif mahasiswa dan disetujui oleh Pemimpin Perguruan Tinggi pelaksana.

Sistematika Penulisan Pra-Proposal PHBD  2018
Sistematika Penulisan Pra-Proposal PHBD 2018

Pra-proposal wajib memenuhi persyaratan administrasi, yaitu:

  1. Diajukan oleh ketua pengusul diketahui oleh pemimpin organisasi pengusul dan Dosen Pendamping, disetujui oleh Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan.
  2. Jumlah mahasiswa pelaksana minimal 10 orang (sekurang-kurangnya berasal dari 2 angkatan yang berbeda).
  3. Menyertakan SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJA SAMA (bermaterai) dari masyarakat sasaran yang dilengkapi dengan hasil survei dan diketahui oleh kepala desa mengikuti format Lampiran 10 (sepuluh).
  4. Menyertakan surat keputusan legalitas organisasi dari Rektor/Ketua/Direktur (intrakampus).
  5. Diajukan secara daring (on-line) melalui laman http://phbd.ristekdikti.go.id/proposal/daftar

Selamat Berkarya!!